Touching the void – Guntur, Garut Jawa barat

C360_2014-03-22-11-05-32-209

Guntur adalah nama sebuah gunung di daerah garut. Perjalanan kali sengaja saya tulis di blog karena gunung ini berbeda dengan gunung biasanya. Mungkin gunung diatas terlihat sangat pendek karena hanya memiliki ketinggian 2000mdpl. Yaah hanya 2000mdpl saya kira tapi mungkin setelah kalian mencoba mendaki gunung tersebut kalian akan merasakan sesuatu yang sungguh luar biasa hahahaha. Tepatnya maret tanggal 21 maret 2014 kami rombongan berangkat dari jakarta sekitar jam 8 rencananya tapi karena ada yang tiba-tiba ingin ikut akhirnya perjalanan molor hingga jam 11. Kamipun 12 orang dengan satu diantara seorang wanita berangkat menuju start pendakian didaerah cililis, garut jawa barat. Perjalananpun menempuh kurang lebih 3-4 jam. Saat perjalanan inipun terasa berat karena habis pulang kantor dan rencana tidur di perjalanan tapi ternyata tidak bisa. Ketika tiba di daerah cililis kamipun masih harus mencari dimana tempat start awal pendakian sekitar pukul 3 akhirnya kita menemukan gerbang dimana tempat menuju pendakian terdekat. Kamipun beristirahat di sebuah POM bensin tapi alih-alih tidur sayapun hanya jalan-jalan mengelilingi daerah POM bensin yang kemudian saya makan dan minum kopi agar tidak ngantuk. Nah disinilah kesalahan saya harus saya cukupkan beristirahat ya karena tadinya saya meremehkan gunung tersebut karena saya pikir gunung itu hanya 2000mdpl. Pagipun tiba sekitar jam 6 kita menuju ketempat bu tutik salah seorang rw di daerah cities untuk melapor agar bila terjadi apa-apa kita masih ke record hahaha.

C360_2014-03-22-05-50-19-678

Setelah bertemu dengan bu tutik pun kami rombongan mulai start pendakian, karena lokasi gerbang pertama bisa ditempuh dengan mengunakan truk pasir yang akan jalan ke pertambangan maka kamipun naik truk rame-rame. Awal pendakian pun dimulai dengan penuh semangat.

C360_2014-03-22-09-45-26-000

bu tutik pun ngasih sebuah wejangan, agar jangan pernah bertanya masih lama atau tidak, dan menyuruh wanita dan orang tua jalan didepan dan yang lain menyusul. Pendakianpun 1 -2 jam kemudian belum terasa karena menikmati alam.

tak terasa pula ternyata tracking kami tidak ada sama sekali bonus. hiks…hiks..hiks… tracking pun semakin curam. Tapi hal yang tak pernah terjadi ialah kaki saya cidera akhirnya membuat perjalan semakin berat karena ketika kaki kanan dibuat sebagai tumpuan rasanya sakit sekali.  Ketika mengunakana kaki kiri sebagai tumpuan rasa sakitpun berpindah. Dan tracking itu semakin curam saja. Akhirnya sampai ataspun saya harus merangkak karena takut jatuh yang mungkin bisa berakibat fatal saya putuskan untuk merangkak. Target awal 3-4 jam tracking tapi akhirnya molor hingga menjelang maghrib karena memang tracking yang begitu g****laaaa. Tapi Alhamdulillah sayapun bisa sampai atas walaupun tadinya sempat ingin mundur tapi karena ketika turunpun susah hahaha akhirnya saya teruskan perjalanan dengan kaki yang luar biasa sakitnya.

C360_2014-03-22-16-18-25-881-PANO

Yahh gambar diatas adalah puncak guntung guntur, garut jawa barat. SubhanaAllah indahnya ciptaanMu. kami pun menuju punggung gunung untuk menderikan tenda karena menurut bu tutik daerah itu yang paling aman. Dipuncakpun kami disambut oleh Angin gunung yang lumayan begitu kencang. Di gunung ini tidak terlalu dingin karena ketinggiannya yang tidak lebih dari > 2500mdpl tapi karena angin yang terlalu kencang jadi tubuhpun terasa dingin. Setelah sampai di punggung gunung kami dan rombongan pun mendirikan tenda sayapun membantu proses pendirian tenda karena saya sebenenernya sudah sangat-sangat ngantuk. Begitu tenda berdiri dan aman untuk ditiduri akupun langsung masuk ke tenda dan tidak ikut acara masak-memasak karena saya sangat lelah dan sakit yang masih terasa di kaki. Akhirnya saya putuskan untuk istirahat saja. Saya tidur dari pukul 6 hingga pukul 9 dan akhirnya suara teman-teman menyuruhku untuk makan. Walaupun tak lapar akhirnya akupun makan walaupun hanya sedikit. Dan akupun kembali lanjutkan tidur di dalam tenda karena saya berharap kaki ini dapat sembuh dipagi harinya agar saya tidak menganggu prosess turun gunung besok. Pagi pun tiba sekitar jam 5 akupun terbangun ada diantara kami sedang memasak dan yang lain sedang istirahat di tenda kelompok masing-masing. Akupun mencoba naik ke puncak guntur tujuan ingin melihat sunrise walaupun saya pikir tadinya awan mendung menutupi tapi Alhamdulillah lagi saya dapat sunrise di guntur.

C360_2014-03-23-05-55-39-966 C360_2014-03-23-05-55-45-515 C360_2014-03-23-05-51-59-250-PANO C360_2014-03-23-05-52-01-350

Diataspun saya tidak sendirian saya berkenalan dengan orang garut namanya lupa dia seorang developer dari chevron yang sedang naik juga. Akhirnya saya bisa berfoto di background sunrise. Ketika saya melihat sunrise saya ingin teriak ke temen-teman tapi karena udara yg dingin saya tidak bisa teriak. Untuk turun sekedar mengabari ada sunrise pun rasa tidak mungkin karena kaki saya ternyata masih sakit. Akhirnya sayapun menikmati sunrise sendiri, maaf kawan. sekian dulu ah…ssaya ndak ada ide nulis lagi nee.. itupun dah belepotan. Saran ketika turun lebih baik mengunakan pantat kalian karena kemiringan 60-70 derajat lebih baik seluncur, gunakan celana yang tebal agar tidak lecet.